=== SELAMAT DATANG DI www.freelifeadventure.blogspot.com SEMOGA ARTIKEL KAMI MENARIK UNTUK ANDA ===

Sabtu, 08 Maret 2014

Defenisi Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems)

Decision Support Systems. (Sistem Pendukung Keputusan)
Ada banyak definisi tentang DSS antara lain.
· Little,J.D.C (dalam “Models and Managers:The Concept of a Decision Calculus”,1970) : DSS sebagai “sekumpulan prosedur berbasis model untuk data pemrosesan dan penilaian guna membantu para manager mengambil keputusan”. Untuk sukses sistem tersebut haruslah
o Sederhana
o Cepat
o Mudah dikontrol
o Adaptif
o Lengkap dengan isu-isu penting
o Mudah berkomunikasi
· Alter,S.L. (dalam Decision support systems: Current Practices and Continuing Challenges, 1980) : mendefinsikan DSS dengan membandingkannya dengan sistem EDP (Electronic Data Processing) tradisional pada lima dimensi sbb:
Tabel DSS versus EDP
Dimensi
DSS
EDP
Penggunaan
Aktif
Pasif
Pengguna
Lini manajemen staf
Klerikal
Tujuan
Keefektifan
Efisiensi mekanis
Horison waktu
Masa sekarang dan akan datang
Masa lalu
Tujuan
Fleksibilitas
Konsistensi
 · Bonczek, R.H, C.W. Holsapple dan A.B. Whinston, dalam “The Evolving Roles of Models un Decision Support Systems” , 1980) mendefinsikan “DSS sebagai sistem berbasis computer yang terdiri dari tiga komponen yang saling berinteraksi : sistem bahasa (mekanisme untuk memberikan komunikasi antara pengguna dan komponen DSS lain), sistem pengetahuan (repository pengetahuan domain masalah yang ada pada DSS entah sebagai data atau sebagai prosedur), dan sistem pemrosesan masalah (hubungan antara dua komponen lainnya, terdiri dari satu atau lebih kapabilitas manipulasi masalah umum yang diperlukan untuk pengambilan keputusan).
· Keen, P.G.W. (dalam Adaptive Design for Decision Support Systems”, 1980) mendefinisikan “DSS sebagai suatu produk dari proses pengembangan dimana pengguna DSS, pembangun DSS, dan DSS itu sendiri mampu mempengaruhi satu dengan yang lainnya, dan menghasilkan evolusi sistem dan pola-pola penggunaan”.
· Sistem interaktif berbasis computer, yang membantu pembuat keputusan dengan menggunakan data dan model untuk menyelesaikan masalah yang tidak terstruktur.
Terlihat bahwa definisi-definisi tersebut diperbandingkan dan dikontraskan dengan memeriksa berbagai konsep yang digunakan untuk mendefinisikan DSS (tabel konsep yang mendasari Definisi DSS).
Tabel : Konsep yang Mendasari Definisi DSS
Sumber
DSS yang Didefinisikan
Gorry dan Scott-Morton (1977)
Tipe masalah, fungsi sistem (dukungan)
Little (1970)
Fungsi sistem, karakteristik antarmuka
Alter (1980)
Pola penggunaan, tujuan sistem
Moore dan chang (1980)
Pola penggunaan, kapabilitas sistem
Bonczek, dkk.,(1989)
Komponen-komponen sistem
Keen (1980)
Proses pengembangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar